My personal point of view

Pohon Paling Kuat Menyerap Emisi

by Asyam Fm , at Juli 25, 2019 , have 0 komentar

1. Pohon Trembesi
Pohon Trembesi atau sering juga disebut Pohon Ki Hujan merupakan sebuah tanaman pohon yang besar, tinggi, dengan tajuk yang sangat melebar. Pohon ini sangat terkenal sebagai pohon peneduh. Pohon ini mempunyai banyak nama lain seperti Saman, Pohon Hujan dan Monkey Pod, dan ditempatkan dalam genus Albizia.  
Tanaman ini merupakan tanaman yang mampu menyerap emisi paling besar,  yaitu mampu menyerap karbondioksida sebesar 28.5 (Ton/ pohon/ tahun).

2. Pohon Akasia
Pohon mangium adalah pohon besar berbunga dan bisa mencapai ketinggian 30 meter. Batang bebas cabang lurus yang bisa mencapai lebih dari setengah total tinggi pohon. Pohon mangium jarang bisa mencapai ‚diameter setinggi dada‘ lebih dari 60 cm, akan tetapi di hutan alam Queensland dan Papua Nugini pernah dijumpai diameter pohon 90 cm (National Research Council 1983). Ditempat tumbuh yang buruk pohon mangium dapat berupa semak besar atau pohon kecil dengan tinggi rata-rata 7-10 m (Turnbull 1986).
Tanaman ini mampu menyerap karbondioksida sebesar 5.3 (Ton/ pohon/ tahun).

3. Pohon Kenanga
Kenanga adalah nama bagi sejenis bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada 2 kelompok utama kenanga yang dibudidayakan yaitu kelompok Cananga dan Ylang-ylang. Cananga memiliki cabang tegak lurus terhadap batang sedangkan Ylang-ylang memiliki cabang yang terkulai dan daun lebih kecil. Tanaman ini mampu menyerap karbondioksida sebesar 0.75 (Ton/ pohon/ tahun).

4. Pohon Pingku
Tumbuhan ini dahulu memang banyak terdapat di kawasan hutan di Pulau Bali. Tapi sekarang, populasi pohon ini di Bali mugkin sudah kalah dengan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali dalam sehari. Karena itu, tidak mengherankan bila menemukan pohon ini bukanlah mudah, di kawasan hutan habitat aslinya sekalipun. Tumbuh di kawasan hutan hujan musiman, pada umumnya sampai pada ketinggian 500-800 m dpl., tetapi juga bisa sampai pada ketinggian 1.700 m dpl. Tanaman ini mampu menyerap karbondioksida sebesar 0.72 (Ton/ pohon/ tahun).

5. Pohon Beringin
Beringin adalah tanaman besar yang tumbuh di pekarangan luas namun beberapa juga sebagai tanaman hias pot. Beringin yang terdapat di Hutan Kota BNI Tibang meruoakan tanaman yang masuk kedalam ketegori kedua diakrenakan tempat tumbuhnya didalam pot sehingga tidak tumbuh besar seperti yang jenis tanaman pekarangan luas. Secara umum pohon beringin ketinggiannya bervariasi menurut berbagai sumber. Sebuah sumber menyatakan bahwa pohon beringin dapat mencapai ketinggian 12 – 15 meter dengan lebar tajuk dapat mencapai 7 – 9 meter. Tanaman ini mampu menyerap karbondioksida sebesar 0.53 (Ton/ pohon/ tahun).
Asyam Fm
Pohon Paling Kuat Menyerap Emisi - written by Asyam Fm , published at Juli 25, 2019, categorized as Lingkungan . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 The Asyam's by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger